Pengertian IBD
Istilah llmu Budaya Dasar
dikembangkan di Indonesia sebagai pengganti istilah Basic Humanitiesm yang
berasal dari istilah bahasa Inggris “The Humanities”. Adapun istilah Humanities
itu sendiri berasal dan bahasa latin humanus yang bisa diartikan manusia, berbudaya
dan halus. Dengan mempelajari the htimanities diandaikan seseorang akan bisa
menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus. Dengan demikian bisa
dikatakan bahwa the humanities berkaitan dengan nilai-nilai yaitu nilai-nilai
manusia sebagai homo humanus atau manusia berbudaya. Agar supaya manusia bisa
menjadi humanus, mereka hams mempelajari ilmu yaitu the humanities disamping
tidak meninggalkan tanggungjawabnya yang lain sebagai manusia itu sendiri.
Untuk mengetahui bahwa ilmu
budaya dasar termasuk kelompok pengetahuan budaya lebih dahulu perlu diketahui
pengelompokan ilmu pengetahuan. Prof. Dr.Harsya Bactiar mengemukakan bahwa ilmu
dan pengetahuan dikelompokkan dalam 3 kelompok besar yaitu :
§
Ilmu-Ilmu Alamiah
(Natural Scince)
Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui
keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta, untuk mengkaji hal
ini digunakan metode ilmiah, caranya ialah dengan menentukan hukum yang berlaku
mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan
suatu kualitas, hasil analisis ini kemudian digeneralisasikan, atas dasar ini
lalu dibuat prediksi. hasil penelitian 100 5 benar dan 100 5 salah.
§
Ilmu-Ilmu Sosial
(Social Scince)
Ilmu-ilmu sosial berjuang untuk mengkaji
keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan atara manusia, untuk
mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilm-ilmu
alamiah, tapi hasil penelitiannya tidak 100 5 benar, hanya mendekati kebenaran,
sebabnya ialah keteraturan dalam hubungan antara manusia ini tidak dapat
berubah dari saat ke saat.
Berikut pengertian budaya atau
kebudayaan dari beberapa ahli :
- E. B. Tylor, budaya adalah suatu keseluruhan kompleks yang meliputi
pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, keilmuan, hukum, adat istiadat
dan kemampuan yang lain. Serta kebiasaan yang didapat oleh manusia sebagai
anggota masyarakat .
- R. Linton dalam bukunya yang berjudul The Cultural background of
personality menyatakan bahwa kebudayaan adalah konfigurasi dari sebuah tingkah
laku dan hasil laku, yang unsur-unsur pembentuknya didukung serta
diteruskan oleh anggota masyarakat tertentu .
- Koentjaraningrat, mengartikan bahwa kebudayaan adalah keseluruhan
sistem gagasan, milik diri manusia dengan belajar.
- Selo Soemarjan dan Soelaeman Soemardi, mengatakan bahwa kebudayaan
adalah semua hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.
- Herkovits, kebudayaan adalah bagian dari lingkungan hidup yang
diciptakan oleh manusia.
- Bronislaw Malinowski, Adalah keseluruhan kehidupan manusia yang integral
yang terdiri dari berbagai peralatan dan barang-barang konsumen, berbagai
peraturan untuk kehidupan masyarakat, ide-ide dan hasil karya manusia,
keyakinan dan kebiasaan manusia.
- C. Klukhuahn dan W. H. Kelly, mencoba merumuskan definisi kebudayaan
sebagai hasil tanya jawab dengan para ahli antropologi, sejarah, hukum,
psikologi yang implisit, eksplisit, rasional, irasional terdapat pada
setiap waktu sebagai pedoman yang potensial bagi tingkah laku manusia.
- Dawson dalam buku Age Of The Gods mengatakan bahwa kebudayaan adalah
cara hidup bersama (Culture is common way of life)
- J. P. H. Dryvendak mengatakan bahwa kebudayaan adalah kumpulan dari
cetusan jiwa manusia sebagai yang beraneka ragam berlaku dalam suatu
masyarakat tertentu.
- Takdir Alisyahbana, mengatakan kebudayaan adalah manifestasi dari cara
berfikir.
Tujuan
IBD
§
Mengusahakan kepekaan mahasiswa & masyarakat
terhadap lingkungan budaya, sehingga mereka lebih mudah menyesuaikan diri
dengan lingkungan yang baru, terutama untuk kepentingan profesi mereka.
§
Memberi kesempatan kepada mahasiswa
untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemanusiaan dan budaya serta
mengembangkan daya kritis mereka terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut
kedua hal tersebut.
§
Mengusahakan agar mahasiswa, sebagai
calon pemimpin bangsa dan negara serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing
tidak jatuh kedalam sifat-sifat kedaerahan dan pengkotakan disiplin secara
ketat.
§
Menguasahakan wahana komunikasi para
akademis agar mereka agar mampu berdialog satu sama lain, dengan memiliki
satu bekal yang sama, para akademis diharapakan akan lebih lancar dalam
berkomunikasi.
Ruang
Lingkup IBD
Bertitik tolak dari kerangka tujuan yang
telah ditetapkan, dua masalah pokok bisa dipakai sebagai bahan pertimbangan
untuk menentukan ruang lingkup kajian mata kuliah IBD. Kedua masalah pokok itu
adalah :
1. Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya
merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan
menggunakan pengetahuan budaya (the humanities), baik dari segi masing-masing
keahlian (disiplin) didalam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan (antar
bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya.
2. Hakekat manusia yang satu atau
universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan
masing-masing jaman dan tempat.
Menilik kedua pokok masalah yang bisa
dikaji dalam mata kuliah IBD, nampak dengan jelas bahwa manusia menempati
posisi sentral dalam pengkajian. Manusia tidak hanya sebagai obyek pengkajian.
Bagaimana hubungan manusia dengan alam, dengan sesame, dirinya sendiri,
nilai-nilai manusia dan bagaimana pula hubungan dengan sang pencipta menjadi
tema sentral dalam IBD. Pokok-pokok bahasan yang dikembangkan adalah :
1. Manusia dan cinta kasih
§
Kasih sayang
§
Kemesraan
§
pemujaan
2. Manusia dan Keindahan
§
renungan
§
kehalusan
§
kesarasian
3. Manusia dan Penderitaan
§
rasa sakit
§
kesyahidan
§
siksaan
§
kesengsaraan
§
neraka
4. Manusia dan Keadilan
§
kejujuran
§
pemulihan nama baik
§
pembalasan
5. Manusia dan Pandangan hidup
§
cita-cita
§
kebajikan
6. Manusia dan tanggungjawab serta
pengabdian
§
kesadaran
§
pengorbanan
7. Manusia dan kegelisahan
§
keterasingan
§
kesepian
§
ketidakpastian
8. Manusia dan harapan
§
kepercayaan
§
harapan
Dari pengembangan masalah-masalah
tersebut diatas, nampak sekali bahwa orientasi ilmu budaya dasar memang tidak
terlepas dari masalah-masalah manusia dan kebudayaannya Kedelapan pokok
bahasan (beserta sub pokok bahasan) tersebut diatas pada dasarnya termasuk
dalam karya-karya yang tercakup dalam pengetahuan budaya (the Humanities).
Dan sebagai mana dikemukakan, untuk mendekati masalah yang akan dikaji dalam ilmu budaya dasar, baik secara sendiri-sendiri maupun gabungan antar bidang. Perwujudan mengenai cinta kasih, misalnya terdapat dalam karya-karya sastra, tarian, musik, filsafat, lukisan, patung dan lain sebagainya yang semuanya meruakan benda-benda budaya. Untuk itu pokok bahasan mengenai manusia dan cinta kasih dapat didekati dengan menggunakan karya-karya tersebut.
Dengan penyusunan tema-tema semacam itu, dimaksutkan agar mahasiswa lebih mudah dalam mengidentifikasi dirinya dengan masalah yang dibahas dan untuk menunjukkan bahwa hal-hal yang didiskusikan sesuai dengan pengalaman hidup manusia.
Disamping itu agar mahasiswa juga dapat memperhatikan norma-norma yang membantu pendidikan. Walaupun penyusunan semacam itu diharapkan untuk mendekatkan dengan penalaman mahasiswa, masih terbuka kemungkinan untuk menyusaikan dengan kondisi tempat belajar atau daerah setempat.
Dan sebagai mana dikemukakan, untuk mendekati masalah yang akan dikaji dalam ilmu budaya dasar, baik secara sendiri-sendiri maupun gabungan antar bidang. Perwujudan mengenai cinta kasih, misalnya terdapat dalam karya-karya sastra, tarian, musik, filsafat, lukisan, patung dan lain sebagainya yang semuanya meruakan benda-benda budaya. Untuk itu pokok bahasan mengenai manusia dan cinta kasih dapat didekati dengan menggunakan karya-karya tersebut.
Dengan penyusunan tema-tema semacam itu, dimaksutkan agar mahasiswa lebih mudah dalam mengidentifikasi dirinya dengan masalah yang dibahas dan untuk menunjukkan bahwa hal-hal yang didiskusikan sesuai dengan pengalaman hidup manusia.
Disamping itu agar mahasiswa juga dapat memperhatikan norma-norma yang membantu pendidikan. Walaupun penyusunan semacam itu diharapkan untuk mendekatkan dengan penalaman mahasiswa, masih terbuka kemungkinan untuk menyusaikan dengan kondisi tempat belajar atau daerah setempat.
SUMBER: https://fakhranfarizifirdaus.wordpress.com/2013/04/08/ibd-sebagai-salah-satu-mkdu/
http://abdirachmadi.blogspot.com/2012/03/pengertian-dan-tujuan-ilmu- budaya-dasar.html
http://krblanglangbuana.wordpress.com/2012/03/08/pengertian-dan-tujuan- serta-ruang-lingkup-ilmu-budaya-dasar/
soal;
1.apa arti dari Humanities yang merupakan berasal dari bahasa latin humanus yaitu;
a.manusia berbudaya dan halus *
b.manusia berbudaya dan kasar
c.manusia berbudaya dan egois
d.manusia berbudaya dan sombong
c.manusia berbudaya dan egois
d.manusia berbudaya dan sombong
Tidak ada komentar:
Posting Komentar